//
you're reading...
Uncategorized

Pilkada 2013, Bupati-Wakil Bupati “Pecah Kongsi”

* Pertarungan Sri, Iswanto, Sukiman ?

Pilarnews-Madiun, Tanda-tanda ‘Pecah Kongsi’ Kepala Daerah tampaknya juga terjadi di Kabupaten Madiun. Karena dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2013 mendatang, Bupati Madiun Muhtarom dan Wakil Bupati Madiun Iswanto, keduanya diprediksi tidak lagi jalan beriringan.

Informasi sumber menyebutkan, jika Muhtarom diperkirakan tidak akan mencalonkan lagi dan kini lebih konsentrasi menyiapkan  Ny Sri Purwati Muhtarom istrinya untuk ikut mewarnai panggung politik sebagai calon bupati mendatang.

“Kemungkinannya, Mbah Tarom (sebutan Bupati Madiun Muhtarom,red) tidak akan maju. Karena dari sisi internal, nampaknya beliau akan menghadapi resiko politik tinggi. Belum lagi, serangan dari eksternal,” ungkap sumber yang namanya enggan dikorankan.

Sedangkan bakal calon Wakil Bupati Madiun yang digadang-gadang mendampingi Ny Sri Purwati nanti, spekulasi yang berkembang adalah Aris Nugroho (Kepala Dinas Kesehatan Kab. Madiun).

Alasan yang mencuat, tidak lain sebagai politik balas budi, lantaran skenario menjadikan Aris Nugrogo sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Madiun menggantikan Sukiman gagal. Setelah Gubenur Jawa Timur Soekarwo menunjuk Soekardi.   “Nampaknya, Pak Aris yang akan digandeng,” ujarnya.

Sehingga tidak heran, apabila pada APBD tahun anggaran 2012 ini berbagai manuver politik kekuatan system birokrasi mulai dilancarkan, untuk mendongkrak popularitas Ny Sri Purwati-Aris Nugroho.

Salah satu persiapan yang sudah dilakukan, kabarnya membentuk tim penjaringan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati,  yang disebut tim 7 (tujuh) pada Sabtu (28/1) lalu. Beranggotakan oknum kepala Satuan Kerja (satker) dan  tim sudah menggelar rapat koordinasi di Jogyakarta.

“Tim ini sudah harus bekerja untuk mensosialisasikan ditingkat internal tentang wacan dua pasang bakal calon tersebut. Karena waktunya mepet, dtargetkan, bulan Juni tahun ini, sudah harus mengerucut,” jelasnya.

Hal serupa juga mulai dipersiapakan oleh Iswanto (Wakil Bupati) yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Kab. Madiun. Sejak terpilih kedua kali memimpin partai, nuansa ’pecah kongsi’ mulai terasa. Kabar santer, Iswanto optimis akan ikut bertarung sebagai calon Bupati 2013 dan mengenai pasangan masih dalam proses, apakah dengan Boni Laksamana, dengan jargon ”Is-Lam” atau dengan figur lain.

Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati lainnya, kini popularitas dan komitmennya  terhadap rakyat kecil tak diragukan, yakni Sukiman (mantan Sekretaris Daerah Kab, Madiun) berpasangan dengan Bagus Rizki Dinarwan (ketua DPD Partai Golkar). Mengenai kepastian, diusung oleh Partai Golkar, masih menunggu hasil survei internal Golkar yang rencananya dilaksankan Pebruari ini.

Bakal calon lainnya yang belum ada kejelasan, yakni Joko Setiyono (Wakil Ketua DPRD Fraksi PKB) yang kabarnya akan berpasangan dengan Mujono (Wakil Ketua DPRD Fraksi Golkar),  Rasiyo (Sekdaprop), Suprapto (ketua fraksi PDIP), Suwandi (Bendahara PKB) dan Dimyati Dahlan (Ketua DPK PDK).

“Tapi, sekali lagi, semua ini masih dalam prediksi. Dalam hitungan detik, politik bisa berubah sewaktu-waktu. Kita masih menunggu perkembangan berikutnya,” tegas sumber. Hingga berita ini diturunkan, para pasangan calon tersebut belum berhasil dikonfirmasi. (remi/yu)

 

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: