//
you're reading...
Uncategorized

Maling Gamelan, Anak Dalang Diringkus

Pilarnews-Madiun, Anak seorang dalang diketahui bernama Sugianto, (47), warga Desa Bolo, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, diringkus jajaran Sat Reskrim Polsek Wungu Madiun, Rabu (01/02/12). Pelaku diduga melakukan pencurian alat gamelan milik Iwan, warga Desa Kresek pada Desember 2011 lalu bersama dua rekannya.

Sayangnya, kedua pelaku lainnya berhasil kabur dan masih dalam pengejaran petugas. “Yang dicuri adalah seperangkat alat gamelan milik Iwan, warga Desa Kresek. Pencurian dilakukan beberapa kali dan terakhir kali pada Desember 2011 lalu,” ujar Wakapolsek Wungu, Ipda Sarwo Edi kepada wartawan.

Informasinya, pelaku sudah sudah beberapa kali menjual wayang milik orangtuanya. Namun baru kali ini terjerat hukum setelah terbukti mencuri puluhan alat gamelan milik orang lain. Pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman pidana penjara maksimal tujuh tahun.

“Pencurian dilakukan malam hari dan mencongkel dinding kayu tempat penyimpanan alat gamelan,” ujar Sarwo.

Setelah berhasil membobol lokasi penyimpanan gamelan yang tidak dijaga, barang curian diangkut dengan mobil. Akibat ulah pelaku, korban pencurian menderita kerugian sekitar Rp. 70 juta.

Dalam penyelidikan, Polisi berhasil menemukan sekitar 30 buah alat gamelan yang dicuri. Yaitu berupa gong, kenong, kempul, bonang, dan saron yang sudah dijual di empat lokasi.

Dua lokasi diantaranya di kawasan pengrajin alat gamelan di Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan dan dua lokasi lainnya di Desa Lembah, Kecamatan Dolopo, Madiun, serta Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo. Puluhan alat gamelan yang dicuri pelaku ini laku dijual sekitar Rp. 8 juta.

Sementara itu, tersangkaSugianto mengaku nekat mencuri untuk menghidupi keluarganya. “Untuk makan anak dan isteri mas,” ujarnya. (remi)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: