//
you're reading...
Uncategorized

PR Segudang, Wakil Rakyat ‘Sambat’

Pilar-Madiun, Meski sudah menjadi tupoksinya, namun para wakil rakyat di DPRD Kab. Madiun tampaknya mulai ’sambat’ (mengeluh,red) dengan Pekerjaan Rumah (PR) tahun 2012 yang segudang.

Diantaranya, pengesahan rancangan peraturan daerah (raperda), mengawal pelaksanaan perpindahan ibukota kabupaten, pembangunan pasar Caruban, penerapan e-KTP dan pengawasan proyek fisik.

Menurut Ketua DPRD Kab Madiun Y. Ristu Nugroho dalam evaluasi akhir tahun 2011, Perda yang harus di sahkan tahun ini jauh lebih banyak, dibandingkan tahun 2011. Jika tahun 2011 hanya delapan perda, pada tahun 2012 ini, sudah ada 16 perda yang antri untuk disahkan.
.
Salah satu diantara 16 raperda tersebut merupakan raperda inisiatif DPRD. Yaitu, tentang system perencaan pembangunan proyek fisik. “Karena itu, kami harus berusaha kejar target supaya semuanya bisa kami tuntaskan tahun ini,” ujarnya.

Sedangkan, raperda yang paling mendesak untuk segera disahkan menjadi Perda, adalah perda yang berkaitan dengan pengelolaan rumah susun sewa sederhana. Pasalnya, bangunan rusunawa sudah rampung dikerjakan. Bahkan, sudah diserahkan ke daerah. Namun, hingga sejauh ini belum ada payung hukumnya. “Kalau tidak segera ada payung hukum pengelolaannya, kami kwatir, Rusunawa akan ndongkrok,” terang legislator PDIP tiga periode ini.

Selain itu, yang paling mendesak untuk di prioritaskan adalah perda tentang desa. Pasalnya masih ada 10 raperda terkait pemerintahan desa yang perlu dibahas dan disahkan. Sebenarnya, lanjut pria kelahiran 1971 ini, raperda tentang desa tersebut sudah masuk dalam prolegda tahun 2011.

Namun, karena UU Desa hingga saat ini tak kunjung di sahkan, selanjutnya DPRD menunggu perubahan UU desa yang kini masih digodok DPR RI itu. “Kalau pembahasannya sudah selesai, tentu langsung kita tindaklanjuti,” katanya. (remi/wahyu)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: