//
you're reading...
Uncategorized

Warga Miskin Tidak Masuk Jamkesmasda Melonjak

Pilarrakyat-Madiun, Jumlah warga maupun Rumah Tangga Miskin (RTM) yang tidak masuk dalam program Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat Daerah (Jamkesmasda) di Kota Madiun terus melonjak.

Data diperoleh di Kelurahan/Kecamatan Taman terdapat 320 warga miskin dan Kelurahan Pandean (Taman) 57 warga miskin kehilangan mendapatkan Kartu Jamkesmasda. Namun, di Kelurahan Demangan (Taman), justru mendapat tambahan 402 jiwa.

“Kami hanya menerima kartu saja, soal usulan dari RT dan ada tim survey.” Kepala Kelurahan Taman Soemarmo singkat.

Data menyebutkan Kelurahan Taman 2011 lalu mendapatkan sebanyak 1.540 jiwa penerima Kartu Jamkesmasda, lalu tahun 2012 turun menjadi 1.220 jiwa penerima. Kelurahan Pandean 2011 mencapai 1.760 penerima dan 2012 turun jadi 1.703.

“Jika menyimak temuan itu, saya yakini jumlah warga miskin kehilangan hak mendapat Kartu Jamkesmasda bisa mencapai ribuan hingga puluhan ribu. Saya yakini kembali, hal itu seperti disengaja atau pesanan dari kepala daerah (Walikota),” ujar Ketua LSM Abimantrana Herutomo, Kamis (19/01/12).

Hal itu dimaksudkan, tambahnya, sebagai bentuk pencitraan kepada pemerintah diatasnya dari propinsi hingga pusat, bahwa angka kemiskinan di Kota Madiun mengalami penurunan. “Atas kejadian itu, maka program Jamkesmasda perlu ditinjau ulang dan lakukan survey secara akurat,” tandasnya.

Ia merasakan keheranan dengan solusi diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, bagi warga miskin tidak mendapatkan Kartu Jamkesmasda diganti Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Kenyataan dialami warga miskin dalam mengurus SKTM penuh lika-liku dan prosedur berbelit-belit, sehingga menimbulkan antipasti.

Menurutnya antipati terhadap SKTM sebagai bentuk kewajaran, begitu juga perasaan iri dengan penerima Kartu Jamkesmasda. “Cukup dengan menunjuk Kartu Jamkesmasda warga miskin sakit langsung tertangani, lain urusan memakai SKTM prosedur ditempuh rumit sehingga menambah kejengkelan warga miskin,” ujarnya. (gus)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s