//
you're reading...
Uncategorized

Proyek Umbul Rp. 3,5 M Dikerjakan PT Pelangi Nusantara, Molor

Pilarrakyat-Madiun, Pekerjaan proyek renovasi Taman Wisata Umbul di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, molor. Salah satunya, paket pekerjaan dikerjakan PT Pelangi Nusantara senilai Rp. 3,5 miliar. Terdiri dari pembangunan kolam renang, tower kolam renang dan pemandian air panas.

Anggota Komisi D DPRD Kab Madiun, Agus Setyo Budi mengatakan dari 10 rekanan yang terlibat dalam proyek renovasi Taman Wisata Umbul, baru 9 rekanan yang melaksanakan pekerjaan tepat waktu. Sehingga, progres pekerjaan hingga kini baru mencapai sekitar 87 persen.

“Masih ada empat pekerjaan belum tuntas yaitu instal pompa, atap tower water bomb, pemasangan gril over flow dan system perpipaan,” ujar Agus Setyo Budi disela-sela Sidak, kemarin (16/1).

Pihaknya, juga menemukan papan luncur masih menggantung dan tidak sesuai aslinya. “Ada yang diganjal pakai kayu dan ada penambahan besi penyangga di papan luncur. Ini sangat membahayakan pengunjung,” ungkapnya.

Ditegaskan, jira Komisi D sebelumnya sudah mewanti-wanti, agar proyek yang dibiayai dari APBD Pemprop Jatim sekitar Rp. 10 miliar dikerjakan tepat waktu.

Karena itu, PT Pelangi Nusantara harus menjelaskan kepada publik mengenai penyebab keterlambatan . “Dinas PU BMCK juga jangan hanya berpangku tangan. Mereka harus bertanggungjawab menjelaskan semua ini, mengapa bisa terlambat,” tandasnya.

Secara terpisah, Budiono pelaksana PT Pelangi Nusantara mengakui keterlambatan tersebut. Dipicu, adanya kesalahan pada gambar perencanaan dari Dinas PU BMCK. Selain itu, juga dipicu kondisi lapangan yang sering turun hujan.

“Gambar perencanaan dari PU salah, sehingga kami harus memulai dari awal. Sebulan sejak tanda tangan kontrak kami baru kerja, karena harus menyesuaikan dulu dengan gambar dari PU. Hujan juga jadi penyebab keterlambatan,” ujarnya.

Meski terlambat, pihaknya mengaku siap diberi sanksi. “Kami sudah di sanksi denda. Cuma besaran berapa saya nggak tahu, yang tahu orang kantor,” katanya.

Disinggung penyelesaian progres hingga mencapai 100 persen, Budiono menjanjikan waktu dua pekan pekerjaannya itu bisa dituntaskan. “Paling lambat akhir bulan Januari lah insaallah bisa rampung semuanya,” ujarnya.

Sementara itu, PPTK proyek renovasi Taman Wisata Umbul Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Kab Madiun, Boby Saktia, menjelaskan, pihaknya sudah berulangkali memberikan peringatan kepada semua rekanan agar memperhatikan arahan dari pihaknya. Termasuk, permintaan agar mereka fokus pada pekerjaannya.

“Kami sudah arahkan, agar mereka fokus pada pekerjaannya. Misalnya, meminta mereka agar fokus menyiapkan material yang tidak ada di Madiun,” ujarnya.

Dijelaskan, jika terdapat sejumlah rekanan yang tidak ’manut’. Mengakibatkan, pekerjaan tidak bisa selesai tepat waktu. ”Tidak ada toleransi bagi PT Pelangi Nusantara yang senyatanya memang belum menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal dalam kontrak dengan berbagai alasan. (mi)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s