//
you're reading...
Uncategorized

Pemerintahan MUIS Tak Mampu Memperbaiki Jalan Bobrok

Kondisi jalan jurusan Balerejo-Muneng bobrok ditanami pohon pisang, padi dan ketela oleh warga


Pilarrakyat, Pemerintahan Bupati/Wakil Bupati Madiun Muhtarom- Iswanto (MUIS) tampaknya belum mampu melakukan perbaikan seluruh jalan bobrok yang tersebar di 15 Kecamatan Kabupaten Madiun. Sebab, potensi anggaran perbaikan jalan pada APBD tahun 2012 hanya sekitar Rp. 12 miliar.

Terlebih, warga Kabupaten Madiun yang tinggal di wilayah utara. Sebab, sangat kecil kemungkinan dalam waktu yang relatif singkat, seluruh jalan bobrok di seantero Kab Madiun bisa di aspal mulus. Ini karena, gelontoran dana yang dianggarkan untuk perbaikan dan rehab tidak sebanding dengan jumlah jalan yang kondisinya bobrok.

Hal ini dibenarkan Bupati Madiun, Muhtarom saat jumpa pers di pendopo Mudha Graha, Rabu (28/12/11) kemarin. Menurut bupati Muhtarom, jumlah anggaran untuk perbaikan dan rehab jalan di Kabupaten Madiun untuk tahun anggaran 2012 hanya sekitar Rp. 12 miliar.

Sedangkan untuk bisa memuluskan jalan bobrok di Kabupaten Madiun, secara keseluruhan dibutuhkan dana sekitar Rp. 200 miliar. Meski hanya Rp. 12 miliar, namun anggaran tersebut telah mengalami kenaikan jika dibanding tahun 2011. Pasalnya, pada tahun 2011 pos anggaran yang digunakan untuk perbaikan hanya sekitar Rp. 3 miliar.

Lebih lanjut, minimnya anggaran yang digelontorkan untuk perbaikan jalan di tahun 2011 itu, disebabkan, anggaran yang tersedia diprioritaskan untuk pembangunan Pasar Caruban Baru.

“Meski belum mencukupi seluruh kebutuhan, tapi tahun 2012 sudah ada kenaikan signifikan. Itu masih akan ditambah anggaran bantuan khusus dari Pemprop Jatim sekitar Rp. 5 miliar,” ujarnya seraya mengatakan jika upaya yang dilakukan tersebut sebagai bentuk komitmennya memperhatikan kondisi jalan bobrok di Kab Madiun.

Bupati menambahkan, untuk bisa mencukupi kebutuhan anggaran perbaikan, kini pihaknya getol berupaya mencari terobosan guna menambah anggaran perbaikan jalan.

Sedang terobosan yang diambil bupati tersebut, diantaranya dengan mengajukan proposal baik ke Pemprop Jatim dan pemerintah pusat.

Sekedar diketahui, parahnya kondisi jalan bobrok di Kab Madiun kerap dikeluhkan warga. Hingga, karena kecewa atas kondisi jalan bobrok tidak sedikit warga yang meluapkannya dengan menanam pohon pisang ditengah jalan.

Sesuai data Dinas PU BMCK, pada tahun 2011 ini jumlah ruas jalan bobrok di Kabupaten Madiun mencapai 362 kilometer lebih. (remi/wahyu)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: