//
you're reading...
Uncategorized

Puluhan Warga Berunjuk Rasa Segel Alfamart


Pilarrakyat-Madiun, Puluhan warga Desa Tiron Kecamatan / Kabupaten Madiun Jawa Timur berunjuk rasa dan menyegel minimarket Alfamart di wilayah setempat, kemarin (24/12/11) malam. Lantaran, belum mengantongi ijin secara prosedural.

Dalam aksinya, warga mengusung sejumlah poster diantaranya bertuliskan “Ditutup Warga, Disegel Warga.” Akibatnya, peresmian Alfamart rencana dilaksanakan Minggu (25/12/11) pagi batal dilakukan. “Kami minta Muspika Madiun beserta jajarannya agar jangan melepas segel toko dari warga, sebelum adanya kejelasan permasalahan tersebut,” kata Sani, saat orasi.

Awalnya, sekitar pukul 20.00 Wib puluhan warga melakukan musyawarah di rumah Sutowo warga Desa Tiron Kec/Kab. Madiun, dihadiri Pjs Kepala Desa Tiron Bambang, Anggota DPRD Kab. Madiun Fraksi PAN Suyitno dan Anggota DPRD Kab. Madiun Fraksi PDIP Anang.

Intinya, mereka membahas permasalahan keberadaan Alfamart yang tidak melakukan ijin terlebih dahulu terhadap warga sekitar. “Ijin hanya berdasar pada persetujuan tanda tangan Kepala Desa Tiron Bambang,” kata warga.

Merasa belum puas, kemudian warga menuju lokasi Alfamart untuk melakukan penyegelan. Dan meminta kepada DPRD untuk mengagendakan kegiatan hearring. Puas melakukan aksi penyegelan, sekitar pukul 22.00 Wib, massa membubarkan diri.

Diketahui sebelumnya, warga dan pedagang di Kel. Nglames Kec/Kab. Madiun juga pernah melakukan aksi unjuk rasa menolak rencana pendirian supermarket Indomaret di wilayah setempat. Karena dinilai berdekatan dengan pasar tradisional. Selanjutnya, rencana pendirian supermarket Indomaret tidak jadi dilaksanakan.

Sisi lain, maraknya pendirian supermarket/minimarket di setiap wilayah Desa / Kelurahan / Kecamatan di Kab. Madiun tidak lepas dari kebijakan Bupati Madiun H. Muhtarom, selama ini memberikan perijinan dengan mudah, tanpa ada regulasi yang jelas berpihak pada masyarakat. Akibatnya, berdampak luas pada kelangsungan komunitas pasar tradisional. (wahyu)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: