//
you're reading...
Uncategorized

Penderita Psikotik Di Kabupaten Madiun Meningkat Tajam

Pilarrakyat—- Jumlah penderita gangguan jiwa (psikotik) di Kabupaten Madiun yang ditangani Dinas Sosial Kabupaten Madiun hingga Desember 2011 meningkat tajam dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Dari data Dinas Sosial Pemkab Madiun jumlah penderita gannguan jiwa pada tahun ini yang telah di kirim ke UPT menur tercatat ada 109 orang sedangkan yang di kirim ke UPT kaliabu, Kecamatan Mejayan Madiun ada 13 orang.

Jumlah tersebut naik mencapai sekitar 20 persen dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 85 orang penderita gangguan jiwa ayau Psikotik.

Sekertaris Dianas Sosial, Nur Rohyati mengungkapkan, sejak awal tahun 2011 setiap kali ada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)khususnya penderita psikotik. Kebanyakan disebabkan karena faktor ekonomi, karena foktor tersebut sangat berpenagauh pada jiwa seseorang.

“Beberapa faktor penyebab Psikotk tertsebut diantaranya karena tidak potensialnya si penderita saat berada di masyrakat, himpitan kemiskinan yang berkepanjangan, yang jelas faoktor penyebab dari penderta Psikotik tersebut sebagian besar di sebabkan faktor ekonomi. Namun perhatian keluarga juga sangat berpengaruh bagi jiwa penderita” Urai Nur Rohyati

Ia juga menambahkan, mulai tahun depan pihaknuya sudah tidak akan menangani pengiriman, penderita Psikotik, karena selain tidak adanya anggaran, pengiiman penderita Psikotik tersebut akan di tangani Dinas Kesehatan setempat, namun begitu pihaknya juga tidak lepas tanggung jawab sebagai fungsi sosial pada masyarakat.

“Kami mengganggarkan bantuan untuk penderita yang selesai di rawat sebanyak 13 orang setap tahunya dua buah kambing, hal itu di harapkan bisa mengurangi beban pikiran dari penderita yang sudah sembuh” tandasnya (cholis)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: