//
you're reading...
Uncategorized

Pelatihan Atasi Pengangguran


Madiun—-Pemerintah Kabupaten Madiun terus berupaya mengatasi permasalahan pengangguran terbuka, utamanya dampak PHK dari penutupan perusahaan / pengrajin rokok. Salah satu diantaranya melalui pelatihan pemberdayaan tenaga kerja mandiri ( TKM ), usaha mandiri sector informal tahun 2011.

Menurut Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos, pengangguran terbuka di Kabupaten Madiun saja sebanyak 15.140 orang atau 4,31 % (persen). Hal ini akibat dampak krisis ekonomi nasional dan krisis global yang menyebabkan terhambatnya pertumbuhan ekonomi.

”Upaya kita salah satunya, pelatihan untuk mengembangkan pembentukan kader kader wira usaha mandiri dalam rangka membangun manusia produktif, sekaligus mendorong alih profesi bagi pengrajin rokok ke profesi lain,” kata Bupati Muhtarom saat penutupan pelatihan TKM di Kantor Disnakertrans setempat, kemarin (24/11).

Dijelaskan, bahwa keberhasilan wirausaha bukan hanya terletak pada tersedianya sumber daya alam yang melimpa dan adanya sumber daya manusia terampil. Melainkan banyaknya factor yang mempengaruhi. Diantaranya aspek kerjasama, kualitas tenaga kerja dan menejemen pengelolaan.

Lebih dari itu semangat dan kesungguhan serta rasa percaya diri merupakan bekal utama bagi keberhasian suatu usaha sendiri maupun kelompok. ”Harapan kami, dengan pelatihan ini dapat terciptanya kader wirausaha baru yang potensial, mandiri, handal, produktif dan beretos kerja tinggi sehingga mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya maupun masyarakat,” ujar Ketua DPC PKB Kab Madiun ini.

Diketahui, kegiatan pelatihan pemberdayaan tenaga kerja mandiri dan usaha sector informal diikuti oleh 75 orang peserta yang terdiri dari 40 orang peserta TKM dan 35 orang peserta usaha mandiri sector informal. Adapun usaha yang dirintis meliputi prosesing aneka kue sebanyak 21 orang, bengkel sebanyak 10 orang, catering / warung kopi sebanyak 10 orang, aneka kripik sebanyak 7 orang, dan ternak ikan / kolam sebanyak 7 orang. (hms/*)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: