//
you're reading...
Uncategorized

Divonis 18 Hari, Terdakwa Bentrok Futsal Banding

* Hakim Dituding Tak Adil

Madiun—Mohamad, H (16) siswa kelas XII MAN 2 Kota Madiun, melalui penasehat hukumnya, dipastikan mengajukan banding atas putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Madiun yang memvonis 18 hari.

“Menurut pendapat kami putusan itu tidak adil. Anak saya diputus 18 hari, sedangkan terdakwa satunya yang terbukti memukul justru diputus percobaan 1 tahun,” kata Nanang orangtua Mohamad didampingi penasehat hukumnya, usai sidang putusan di PN Kota Madiun, Kamis (24/11) siang.

”Karena itu, kami tidak dapat menerima putusan itu dan akan mengajukan banding demi mencari keadilan,” kata Ekwan Subagio, kuasa hukum Mohamad dari kantor pengacara Indra Priangkasa SH.

Menurut Ekwan, fakta-fakta hukum yang ada di persidangan tidak dijadikan bahan pertimbangan hakim. Melalui banding, dia berharap bisa mendapatkan keadilan. ”Padahal, para saksi korban dipersidangkan sudah mengaku jika terdakwa bukan pelaku pemukulan dan yang terbukti memukul sesuai visum adalah terdakwa Hari, tapi masih saja dianggap bersalah,” katanya.

Dalam sidang, hakim tunggal Rightmen MS Situmorang SH, memutuskan terdakwa Mohamad divoni 18 hari. Karena terbukti bersalah dalam perkara pengeroyokan dan penganiayaan terhadap korban Fisa Wadina Putra dan tiga rekannya pelajar kelas XII SMAN 6 Kota Madiun.

Yang memberatkan, karena terdakwa dalam persidangan berbelit belit dan meringankan, terdakwa tidak pernah dihukum dan masih sekolah. Putusan hakim lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) selama 1 bulan.

Sementara itu, dalam sidang digelar di PN Kota Madiun Rabu (23/11) kemarin, terdakwa Hari (27) penjaga sekolah MAN 2 Kota Madiun divonis hukuman percobaan selama 12 bulan. Lebih ringan dibanding tuntutan JPU selama tiga bulan penjara. (Kholis)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: